🫁 Lembar Kerja Digital

Kelompok 6 - Gemar Belajar | Merancang Asesmen dan Pembelajaran Berbasis Digital

šŸŽÆ Tujuan: Lembar kerja ini dirancang untuk membantu Anda merancang asesmen dan skenario pembelajaran berbasis digital yang mengintegrasikan perangkat Papan Interaktif dan pemanfaatan digital yang efektif.
1
Tujuan Pembelajaran
Mata Pelajaran
IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial)
Topik Pembelajaran
Kenali dan Rawat Organ Pernapasanmu
Tujuan Pembelajaran
Murid mampu memahami cara merawat organ pernapasan
2
Praktik Pedagogis dengan Pemanfaatan Digital
šŸ“š Model Pembelajaran: Station Rotation

šŸ”„ Deskripsi Model

Murid berpindah dari satu stasiun ke stasiun lain untuk mengikuti berbagai aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan pendekatan yang berbeda (mandiri, kolaboratif, digital, dan diskusi bersama guru).

šŸ’» Integrasi Digital & Papan Interaktif

Dalam model Station Rotation, teknologi digital berperan penting untuk menyediakan berbagai sumber pembelajaran interaktif yang membantu siswa memahami topik dengan cara yang lebih menyenangkan dan menarik.

šŸ–„ļø Papan Interaktif: Di setiap stasiun, papan interaktif digunakan untuk mendukung berbagai aktivitas. Di stasiun pertama, papan interaktif digunakan untuk memutar video pembelajaran yang menjelaskan organ pernapasan secara animatif. Di stasiun kedua, papan interaktif dapat digunakan untuk memfasilitasi diskusi dengan menampilkan diagram organ pernapasan dan memandu eksplorasi miniatur organ tersebut.
3
Pemanfaatan Digital untuk Asesmen
šŸ“– As Learning (Sebagai Pembelajaran)
Platform: Rumah Pendidikan / Ruang Murid - Menu Text Bacaan
Meningkatkan literasi siswa dengan teks bacaan yang interaktif, memungkinkan siswa untuk mengakses materi yang terstruktur secara mandiri.
šŸŽÆ For Learning (Untuk Pembelajaran)
Platform: Rumah Pendidikan / Ruang Murid
Sebagai media interaktif, platform ini memberikan kesempatan untuk eksplorasi mandiri dan latihan soal, memungkinkan guru untuk menilai pemahaman siswa secara real-time.
Contoh platform Ruang Murid untuk asesmen
šŸ“Š Of Learning (Hasil Pembelajaran)
Platform: Wayground (formerly Quizizz)
Digunakan untuk mengukur pencapaian murid melalui kuis akhir berbasis digital yang memberikan skor otomatis, memudahkan guru dalam menilai hasil belajar secara objektif.
4
Langkah-Langkah Pembelajaran (Aktivitas Murid)
🧠

Tahap Memahami

šŸ“š Aktivitas Murid:

Murid akan memulai dengan menonton video pembelajaran interaktif yang mengilustrasikan organ pernapasan. Mereka akan mengidentifikasi bagian-bagian dari organ pernapasan dan memahami fungsinya. Setelah itu, mereka akan membaca teks digital yang menjelaskan secara rinci cara merawat organ pernapasan.

šŸ‘Øā€šŸ« Peran Guru & Dukungan Digital:

Guru akan memfasilitasi murid dalam menonton video dan mendiskusikan apa yang mereka pelajari. Guru akan mendampingi siswa untuk memahami materi teks di Ruang Murid. Papan Interaktif digunakan untuk memvisualisasikan informasi lebih lanjut, seperti diagram organ pernapasan, agar siswa dapat memahami konsep dengan jelas.

⚔

Tahap Mengaplikasi

šŸ”¬ Aktivitas Murid:

Murid akan melakukan aktivitas eksperimen dengan mengenali miniatur organ pernapasan yang dapat mereka sentuh dan jelajahi. Mereka juga akan mengakses gim edukasi interaktif yang menguji pemahaman mereka mengenai cara merawat organ pernapasan.

šŸ‘Øā€šŸ« Peran Guru & Dukungan Digital:

Guru memberikan arahan dan pertanyaan pemandu saat murid mengeksplorasi miniatur organ. Di setiap stasiun, guru akan memonitor kemajuan siswa dan memberikan dukungan berdasarkan interaksi siswa dengan papan interaktif dan platform digital.

šŸ’­

Tahap Merefleksi

šŸŽØ Aktivitas Murid:

Murid akan membuat poster digital tentang organ pernapasan mereka, menyusun informasi yang telah mereka pelajari dalam bentuk visual. Mereka akan merefleksikan pembelajaran mereka dan memberikan umpan balik melalui Padlet, sebuah platform refleksi kolaboratif.

šŸ‘Øā€šŸ« Peran Guru & Dukungan Digital:

Guru memfasilitasi diskusi refleksi dan memberikan umpan balik konstruktif. Teknologi digital, seperti Padlet, digunakan untuk memungkinkan siswa berbagi hasil refleksi mereka secara kolektif, memperkaya pengalaman belajar melalui diskusi dan analisis kelompok.

šŸ”„ Pembelajaran dengan Pendekatan Mendalam - Station Rotation

1

šŸŽ¬ Video Pembelajaran

Menonton video pembelajaran di laptop tentang organ pernapasan

2

šŸ”¬ Eksplorasi Fisik & Digital

Mengenali dan mengeksplorasi bentuk miniatur organ pernapasan dan bacaan digital Ruang Murid

3

šŸŽ® Gim Edukasi

Akses Ruang Murid - Gim Ekspedisi Kenali dan Rawat Organ Pernapasanmu

4

šŸŽØ Poster Digital

Membuat poster digital tentang organ pernapasan menggunakan tools digital

šŸ“Š

Asesmen

Wayground (Quizizz) – Digunakan untuk mengukur pencapaian murid melalui kuis berbasis digital yang memberikan skor otomatis.

šŸ’­

Refleksi

Padlet – Digunakan untuk refleksi bersama, memberi kesempatan siswa berbagi umpan balik mengenai pembelajaran yang mereka jalani.