š Deskripsi Model
Murid berpindah dari satu stasiun ke stasiun lain untuk mengikuti berbagai aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan pendekatan yang berbeda (mandiri, kolaboratif, digital, dan diskusi bersama guru).
š» Integrasi Digital & Papan Interaktif
Dalam model Station Rotation, teknologi digital berperan penting untuk menyediakan berbagai sumber pembelajaran interaktif yang membantu siswa memahami topik dengan cara yang lebih menyenangkan dan menarik.

Tahap Memahami
š Aktivitas Murid:
Murid akan memulai dengan menonton video pembelajaran interaktif yang mengilustrasikan organ pernapasan. Mereka akan mengidentifikasi bagian-bagian dari organ pernapasan dan memahami fungsinya. Setelah itu, mereka akan membaca teks digital yang menjelaskan secara rinci cara merawat organ pernapasan.
šØāš« Peran Guru & Dukungan Digital:
Guru akan memfasilitasi murid dalam menonton video dan mendiskusikan apa yang mereka pelajari. Guru akan mendampingi siswa untuk memahami materi teks di Ruang Murid. Papan Interaktif digunakan untuk memvisualisasikan informasi lebih lanjut, seperti diagram organ pernapasan, agar siswa dapat memahami konsep dengan jelas.
Tahap Mengaplikasi
š¬ Aktivitas Murid:
Murid akan melakukan aktivitas eksperimen dengan mengenali miniatur organ pernapasan yang dapat mereka sentuh dan jelajahi. Mereka juga akan mengakses gim edukasi interaktif yang menguji pemahaman mereka mengenai cara merawat organ pernapasan.
šØāš« Peran Guru & Dukungan Digital:
Guru memberikan arahan dan pertanyaan pemandu saat murid mengeksplorasi miniatur organ. Di setiap stasiun, guru akan memonitor kemajuan siswa dan memberikan dukungan berdasarkan interaksi siswa dengan papan interaktif dan platform digital.
Tahap Merefleksi
šØ Aktivitas Murid:
Murid akan membuat poster digital tentang organ pernapasan mereka, menyusun informasi yang telah mereka pelajari dalam bentuk visual. Mereka akan merefleksikan pembelajaran mereka dan memberikan umpan balik melalui Padlet, sebuah platform refleksi kolaboratif.
šØāš« Peran Guru & Dukungan Digital:
Guru memfasilitasi diskusi refleksi dan memberikan umpan balik konstruktif. Teknologi digital, seperti Padlet, digunakan untuk memungkinkan siswa berbagi hasil refleksi mereka secara kolektif, memperkaya pengalaman belajar melalui diskusi dan analisis kelompok.
š Pembelajaran dengan Pendekatan Mendalam - Station Rotation
š¬ Video Pembelajaran
Menonton video pembelajaran di laptop tentang organ pernapasan
š¬ Eksplorasi Fisik & Digital
Mengenali dan mengeksplorasi bentuk miniatur organ pernapasan dan bacaan digital Ruang Murid
š® Gim Edukasi
Akses Ruang Murid - Gim Ekspedisi Kenali dan Rawat Organ Pernapasanmu
šØ Poster Digital
Membuat poster digital tentang organ pernapasan menggunakan tools digital
Asesmen
Wayground (Quizizz) ā Digunakan untuk mengukur pencapaian murid melalui kuis berbasis digital yang memberikan skor otomatis.
Refleksi
Padlet ā Digunakan untuk refleksi bersama, memberi kesempatan siswa berbagi umpan balik mengenai pembelajaran yang mereka jalani.